Wisata Bermain Anak Jatim Park II, Lengkap dan Menghibur

Happy Family Trip kali  ini akan mengajak Anda ke Wisata Bermain Anak. Tempat ini sangat familiar sebagai tujuan wisata ketika liburan sekolah tiba maupun libur weekend dimana lagi kalau bukan di Jatim Park II. 

Pagi ini kami memulai perjalanan menuju Batu Malang menggunakan bus pariwisata. Akses jalan cukup baik dan lancar. Kalaupun ada kemacetan paling-paling ada keramaian pesta atau kecelakaan di jalan. Namun secara umum menurut aku lancar dan menyenangkan. Nah, berhubung waktu kunjungan kami ke Wisata jatim Park II saat libur kebayang dong ramainya para wisatawan yang akan menuju Batu Malang, padat namun lancar.  




Sampai di lokasi Jatim Park II kami menuju gerbang utama untuk melakukan pemesanan tiket. Untuk  hari liburan dan weekend tarif pengunjung ke Jatim Park II dikenakan biaya 230.000/kepala. Tidak ada pembedaan antara anak dan dewasa semua di kenakan tarif yang sama.  

Setelah tiket sudah dikenakan di pergelangan tangan, saatnya menikmati wisata Jatim Park II yang akan memanjakan Anda dan keluarga. 

Museum Anggota Tubuh



Kami mulai menikmati museum anggota tubuh manusia. Whoaaa masuk ke wahana ini seperti belajar mengenal isi dalam tubuh manusia beserta fungsinya masing-masing. Pertama kita akan di ajan menaiki lift yang menyerupai rongga mulut dan lidah. Bentuknya dibuat persis seperti mulut, lidah beserta jonjot-jonjot lidah. Di dalam sini kita seakan-akan menjadi makanan yang masuk ke dalam mulut. 



Setelah di area mulut, kita menuju area tenggorokan, ruangan akan menjadi seperti terowongan berwarna putih dan bergelombang menyerupai tenggorokan. Petugas yang akan mendampingi pengunjung dengan senang hati menjelaskan satu-persatu  pertanyaan dari pengunjung. Meskipun di dalam namun tidak perlu khawatir udara di sana cukup sejuk karena ada pendingin udara dan sistem regulasi yang baik. Ada blower yang akan membantu pengunjung untuk tetap  merasakan udara segar meskipun sedang sesak di kunjungi. 



Area mata. Di sini Anda akan melihat bentuk bola mata yang besar banget. Persis  aslinya, ada pupil, syaraf mata, retina,dan  lensa mata. Berbagai informasi penting tentang kesehatan mata tersedia di sini. Pengunjung dapat mempelajari proses terjadinya penyakit mata, serta cara pencegahannya. 

Selanjutnya pengunjung akan diarahkan menuju lambung, pangkreas, hati, usus dan hati. Masing-masing organ tubuh akan dilengkapi informasi penting terutama mengenai fungsinya, apa saja yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatannya serta berbagai penyakit yang menyerang organ tubuh tersebut. 

Sampai di sini hoaahh...ternyata ada area restnya jugaa.. Nah, pengunjung bisa beristirahat sebentar sambil menikmati pemnadangan Kota Batu Malang yang sejuk dari atas bangunan lima lantai tempat museum anggota tubuh. Ruangan rest ini terbuat dari kaca. Jadi pengunjung dapat melihat pemandangan yang indaah banget di sekeliling area Jatim Park II. 

Selanjutnya pengunjung akan diarahkan menuju Usus besar, dan anus. Hehe..agak-agak  gimana gtumemasuki area ini. Kita seakan-akan menjadi ampas makanan yang akan dikeluarkan melalui saluran pembuangan. Ruangan sempit yang merupakan pintu keluar tadi didesain sedemikian rupa menyerupai anus dan dubur. Hiyyy

Akhirnya bisa menghirup udara segar juga...Suasana di luar arena museum dapat menjadi spot berfoto yang asik lho, berlatar desain museum anggota tubuh yang menyerupai bagong berukuran raksasa ini akan menjadi latar foto yang bagus banget. Ada lagi air mancur yang muncul dari beberapa spot di lantai pelataran. Indah banget. Namun karena pengunjung sangat ramai pandai-pandai lah mencari spot berfoto yang menarik tanpa diganggu oleh pengunjung lainnya hehe..



Keluar dari museum anggota tubuh, Kami menuju lokasi Museum Adat dan keberagaman suku bangsa.  Di pintu masuk Pengunjung akan melewati detektor yang akan men scan tiket. Jadi, barcode yang ada di tiket akan di validasi oleh komputer. Bila sudah sesuai maka pengujung akan dipersilahkan masuk. 

Museum Adat dan Keberagaman Suku Bangsa



Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai prosesi adat, rumah adat, pakaian adat hingga kesenian khas dari berbagai daerah di tanah air. Pengujung yang telah melalui detektor akan disambut oleh prosesi adat Jawa timuran yaitu berbagai seni wayang, proses sunatan, Muharram, seni musik wayang, dagelan jawa, Tari topeng dan berbagai patung pengiringnya. Prosesi adat digambarkan dalam bentuk patung lengkap dengan berbagai properti yang digunakan. Pengunjung bisa berfoto atau mencoba memainkan berbagai alat muik yang tersedia di sana. Namun berhati-hati ada bebrapa properti yang tidak bisa diguakan secara bebas oleh pengunjung. Biasanya akan ada peringatan untuk tidak diperbolehkan dipergunakan. 

Aku sendiri tertarik untuk mencoba seni musik gamelan jawa. Dan berfoto layaknya penari jawa. Di sudut lainnya Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis alat angkutan umum sejak zaman dahulu. Ada delman, kereta angkut mini, mobil kuno hingga miniatur kereta api. 

Selanjutnya pengunjung menikmati keindahan berbagai rumah adat serta pengantin khas daerah seluruh penjuru tanah air. Jika menginginkan berfoto lengkap dengan baju , di sini juga disediakan arena penyewaan kostum baju adat pengantin. Anda juga dapat berfoto dengan latar rumah adat dari berbagai daerah. 

Rumah adat Papua



Di luar ruangan, pengunjung akan masuk ke arena rumah adat Papua, ada beberapa bangunan yang terbuat dari ilalang dan berlantai tanah khas rumah adat papua menyambut pengunjung. Miniatur sepasang suku Papua lengkap dengan pakaian adat mereka menjadikan Anda seakan-akan memang berada di Papua. Hehe, Ada kandang babi juga wohaa.. 

Sains dan Matematika

Rumah Adat Papua tadi adalah pintu akhir museum kesenian adat Nusantara. Selanjutnya pengunjung akan melalui taman kecil mengarah ke museum Sains dan Matematika.  Sampai di sini kami beristirahat melepas lelah. Capek juga ya ternyata berkeliling, berfoto, mencari spot cantik hingga membaca berbagai informasi yang ada di arena ini. Selanjutnya kami masuk ke Sains dan Matematika. 

Nah, di sini adalah sarana belajar yang bagus untuk anak. Cocok sekali apabila berwisata keluarga. Berbagai jenis percobaan diujikan dan dipaparkan di sini. Sekitar 5 bidang sains seperti Kimia, Biologi, Teknologi, Matematika dan Geografi lengkap di sajikan di sini. Anak-anak bisa mencoba berbagaijenis percobaan dengan aman. Jangan khawatir semua percobaan di sini sudah melalui berbagai uji ahli sehingga aman untu anak. 

Laboratorium Tanaman dan Buah

Masuk ke arena ini pertama kali kita akan di sambut berbagai jenis buah dan sayur berukuran raksasa. Ada labu kuning, cabe, tomat dan sayuran raksasa yang sangat unik dan cantik-cantik. Pengunjung akan melihat-lihat berabgai jenis tanaman mulaidari fase pembibitan, penanaman, perawatan hingga masa panen lengkap dengan berabgai jenis informasi dan video interaktif yang menarik. Anak-anak juga boleh belajar menanam dan merawat tanaman yang tersedia di sini lho.. Asyik banget deh. 


Selain melihat berbagai jenis tanaman, pengunjung juga bisa meliaht tanaman yang telah berbuah, seperti jeruk yang sudah matang, lengkeng, apel hingga berabgai jenis sayuran buah yang cantik dan subur. 

Aku sudah tidak sabar mau mencicipi Apel Malang yang terkenal itu deh. Haha..tapi tunggu dulu kita puas-puasin berkeliling dulu ya...

Museum Perjuangan

Melalui jembatan kecil yang airnya jernih banget kita akan memasuki sebuah gendung yang ternyata adalah mesum perjuangan. Oya, setiap arena selalu dilengkapi dengan peta dan petunjuk jalan ya, jadi jangan khawatir tersesat kalau di sini. Anda cukup melihat peta yang ada di setiap jalan dan tempat berisitrahat atau peta yang ada pada tiket. 

Di dalam museum perjuangan Anda akan berhadapan dengan pintu masuk yang persis museum mini. Berbagai reka adegan pada perjuangan kemerdekaan akan disuguhkan di sini. Seperti peristiwa proklamasi, peristiwa perjanjian Linggarjati, Sumpah Pemuda, dll. Belajar sejarah dengan berbagai adegan nya seperti kita balik ke masa lalu ya. Merdeka!

Wahana Bermain Air



Yuhuu..sampailah kita ke arena yang ditunggu-tunggu. Yaitu arena bermain air keluarga. Woaaa ada banyak wahana bermain air yang bisa Anda nikmati di sini. Air terjun buatan, kolam renang, arung jeram mini. Untuk anak yang masih balita ada kolam mini lengkap dengan alat pelampungnya. Sesekali pengunjung dapat menikmati tumpahan air terjun buatan dari atas sana. 

Dan yang paling seru adalah Anda bisa berarung jeram mini melewati berabgai wahana yang airnya jernih banget. Jadi bentuknya seperti sungai kecil namun dasarnya di keramik sehingga jernih airnya dapat terlihat dari mana saja. Tak perlu khawatir arusnya tidak terlalu deras sehingga aman untuk anak-anak. 

Kalau ke sini jangan hanya melihat-lohat saja ya...rugi deh kalau tidak mandi. Air nya dingin dan seger banget. 

Rest Area

Bila lelah berkeliling pengunjung dapat beristirahat di rest area yang banyak tersedia di sini. Ada musollah, tempat makan, tempat berisitrahat, duduk dan nongkrong. Di sekitararena bermain air disediakan pula tempat beristriahat untuk orang tua yang sedang menunggu anak-anaknya bermain air, Anda juga dapat menikmati fasilitas penitipan tas untuk keamanan barang-barang bawaan Anda. Selain itu petugas siap sedia akan membantu menjaga barang-barang pengunjung, tapi tepta harus waspada ya karena kejahatan bisa saja terjadi dalam lingkungan yang memiliki sekurity sekalipun.

Wahana permainan Adrenalin


Untuk anak yang agak besar atau dewasa, Jatim Park II menyediakan wahana permainan untuk uji adrenalin juga. Ada kereta gantung, kapal terbang, bianglala, dan masih banyak lagi yang akan membuat perut Anda berputar-putar dan merasakan sensari puyeng yang luar biasa. Siapkan fisik dan mental ya kalau sudah ke sini. 

Aku mencoba permainan ayunan langit. Bener banget asli sensasinya luar biasaaahh. Rasanya badan di pental kesana kemari mirip biji kopi yang sedang digelinding di mesin hihi. Kalau disuruh lagi enggak mau deh. Udah cukup sekali aja. Rasanya jantung seakan mau copot haha.

Ada kereta yang akan membawa Anda melihat pemandangan Kota Batu Maang dari ketinggian, pasti indah banget deh. Kalau sudah di kereta gantung semua arena akan terlihat. Karena kereta melewati berbagai wahana. Dari atas kereta kita bisa melihat pemandangan di bawah sana, melewati wahana bermain air, wahana permainan anak, tempat beristirahat dan berbagai wahana yang pastinya tidak akan membuat Anda lupa. 

Oya, jangan lupa untukmencoba kereta gunung api ya, pengunjung akan melewati sensasi gunung api. Jika beruntung Anda akan melihat dari dekat panggung hiburan yang sedang berlangsung live band-band yang sengaja dihadirkan untuk menghibur pengunjung. 

Panggung hiburan

Pada libur weekend atau libur sekolah biasanya pihak Jatim Park II akan mengundang berbagai band ibu kota atau artis terkenal di sini. Jadi Anda ketika lelah mencoba berabgai wahana saatnya beristirahat sambil menikmati hiburan dari penyanyi favorit Anda. Tidak hanya penyanyi ibukota saja yang diundang, beberapa band lokal maupun pertunjukan teater atau magic sering juga menjadi salah satu pengisi acara di sini. Pengunjung dapat menikmati hiburan dari tempat duduk yan gtelah disediakan. Bentuknya mirip kursi pada arena pertunjukan. Panggungnya ada di bawah sehingga semua pengunjung dapat melihat dengan jelas performa artis yang tampil. 

Pasar Rakyat

Setelah puas berkeliling menikmati Jatim Park II saatnya pengunjung dimanjakan dengan aneka kerajinan tangan dan panganan khas Malang. Pengunjung akan masuk ke arena pasar rakyat di Jatim Park II, tempat disajikannya berbagai oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Pasar rakyat terdiri dari pasar rakyat I, disini pengunjung dapat membeli berbagai panganan seperti keripik buah, olahan apel,makanan kering dan kerajinan tangan. Sedangkan pada pasar rakyat II pengunjung dapat memburu oleh-oleh seperti buah-buahan, apel Malang, jeruk, salak, dll. 

Oleh-oleh khas Malang lainnya sepeti kaos bertuliskan Khas Malang, topi, tas, dll dapat juga menjadi pilihan untuk di bawa pulang. Jangan lupa untuk mecicipi makanan khas Jawa Timur yang banyak tersedia di sini ya.

Tak terasa sudah hampir seharian penuh kami berkeliling di arena Jatim Park II, capeek iya dong.. tapi rasanya cukup terbayar dengan berbagai arena hiburan yang ada di sana. Lengkap dan menghibur. Saatnya berkemas untuk pulang.

Berhubung area parkir yang sangat luas, kami hampir saja kehilangan rombongan. Bus-bus pariwisata dari daerah luar Malang banyak sekali terparkir di sana. Terlihat dari nomor polisi yang berbeda-beda antar bus. Begitu juga dengan kendaraan pengunjung berbagai jenis flat nomor kendaraan dapat Anda jumpai di sini. 

Sambil menunggu rombongan lengkap, kami mengabadikan kenangan dengan berfoto di sekitar bus. Terlihat pengunjung masih saja ramai ke arena Jatim Park meskipun hari sudah hampir gelap. Weekend kali ini cukup berkesan dengan suguhan Jatim Park II.

Oya, jika Anda tidak sempat membeli oleh-oleh di arena Pasar Rakyat tadi, tenaang tidak perlu khawatir, di sini Anda dapat miminta bus berhenti di pusat Oleh-oleh yang banyak tersedia di sepanjang jalan Batu Malang. Bus kami berhenti di sebuah pusat Oleh-oleh yang ramai dikunjungi para wisatawan. 

Wohaa..saking ramainya arena parkir kendaraan mirip terminal deh, Apalagi di bagian dalamnya mirip Mall yang sedang dikunjungi ketika musim diskon tiba. Sesakkk euyy. Antrian pengunjung di kasir saja sudah belasan meter, iets jangan salah ada 5 kasir yang disediakan oleh si empunya toko tapi semuanya penuh sesak. Apalagi setiap pengunjung memiliki baraang belajaan segunung. Itu keranjang belanja beroda penuh. Haha..bener-bener haus oleh-oleh ya belum lagi ada titipan dari temen kantor, temen arisan, tetangga depan belakang, ponakan adik sanak handai taulan mau diberi oleh-oleh semua mua pantes aja itu keranjang penuh muatan haha..

Aku Cuma membeli dua keranjang apel dan 4 kotak manisan apel serta dua mainan anak wis dah, bukan apa-apa persediaan menipis boo..bisa-bisa enggak pulang nantinya haha..

Okehh saatnya pulang. Kita akan beristirahat menuju hotel. Tapi di perjalanan rasa kebelet mengalahkanku, aduh pak sopir cepetan sampai dong.

Sampai jumpa di Family trip selanjutnya yaa..happy Family Trip! 

Subscribe to receive free email updates:

42 Responses to "Wisata Bermain Anak Jatim Park II, Lengkap dan Menghibur"

  1. Waaa makin beragaam dan baguss jatim park 2 yaaa. . Uda lama bangett terkahir kesana 3 apa 4 taun laluu ya :"

    ReplyDelete
  2. Wah harganya sekarang 230 ribu ya? Aku pernah kesana, dulu harganya belum sampe 200 rb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahun yang lalu sih, entah kalau sudah berubah saat ini

      Delete
  3. Mbak, ini bukannya Jatim Park 1 ya? Setahu aku Jatim Park 2 itu yang ada Batu Secret Zoo.
    Tempat ini memang luas banget ya. Aku pernah ke sini beberapa tahun lalu sekeluarga besar. Sampai capek muterinnya. Tapi senang, karena sambil bisa sambil belajar.

    ReplyDelete
  4. Aku beberapa kali ke Surabaya, mau ke jatim park gk pernah jadi. Hoho. Nyesel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Noe kapan ke Jatim Park lagi yu ah barengan... Entar udah melahirkan dan si kecil bisa dibawa jalan? Kontak ya... Kalau bisa pas liburan sekolah biar puas jalan nya :)

      Delete
  5. Sepertinya Bengkulu harus menerapkan ini juga..selain bisa rekreasi anak2 juga bisa mendapatkan pembelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. butuh investor yang sanggup berkorban banyak hehe

      Delete
  6. Waah makasih bgt infonya mbak, jdi tau sekarang ke mana tempat liburan yg bisa dikunjungi

    ReplyDelete
  7. Lengkap memang di sini, wisata seharian pas. Tapi harus siap kaki juga, hahahaha. Krn udh #usiacantik berasa wow kl dari jatimpark lanjut ke museum angkut, hahahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan kaki pegel banget ya mba, tempat luas banget

      Delete
  8. Wah ini baru komplit.. rekomended bgt buat Quality Time Ama keluarga

    ReplyDelete
  9. Jadi rekomendasi tujuan wisata kalau ke malang ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ke Malangn jangan lupa ke Jatim Park ya ..

      Delete
  10. Semoga suatu saat bisa kesana amin

    ReplyDelete
  11. Karena d malang sy juga suka ke jatim park. Apalagi wahananya lengkap dan edukatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget lengkap dan memuaskan bermain di sana ya

      Delete
  12. Pengen bisa maen ke tempat itu juga, lengkap banget soalnya. Udah ada permaianannya, makanan, bikin pengen kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cuma siapkan fisik saja karena tempatnya luas sekali

      Delete
  13. Ini satu tempat tapi banyak banget ya lokasi lokasi menarik dan bisa belajar sekaligus bermain :)

    ReplyDelete
  14. tempat wisata ini makin hits dari waktu ke waktu dan makin diminati pengunjung. jauh lebih berkembang sekarang dar 3 tahun lalu. keren lah

    ReplyDelete
  15. memang jatimpark bisa bikin anak anak pintar dengan belajar dan bermain

    ReplyDelete
  16. Wah serunya.. Belum sempat ke sini :)

    ReplyDelete
  17. Seru ya main wahana di Jatim Park! Saya beberapa kali kesini saking serunya.

    Mbak, kalau di Jatim Park 2 kok nggak sekalian ke Batu Secret Zoo dan Eco Green Park? Kan itu spot favoritnya :D

    ReplyDelete
  18. Yang banyak arena bermain itu jatim park 1 ya mbk?. Kalo setahu ku yang 2 banyak binatangnya,hehe

    ReplyDelete
  19. Walau harga cukup du kantong tapi puas main nya ya. Gimana pas mba masuk ke hidung .

    ReplyDelete

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..