Objek Wisata Popular di Bengkulu

Hai, Jalan Hamidah kali ini akan mengajak Anda menyusuri keindahan Provinsi yang terletak di bagian selatan pulau Sumatera yaitu Provinsi Bengkulu.

Provinsi Bengkulu jika dilihat di peta bentuknya seperti pena, memanjang tidak terlalu luas. Namun meskipun kecil, di Bengkulu menyimpan banyak tempat wisata yang indah. Mulai dari pantai, gunung, danau, dan air terjun.
Baiklah kita akan mengupas satu persatu Objek wisata populer di Bengkulu

Pantai Panjang

pantai panjang Bengkulu


Objek wisata paling dikenal di Bengkulu adalah Pantai Panjang, letaknya di pusat kota Bengkulu. Karena kontur Kota Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, maka Pantai Panjang merupakan batas antara daratan Sumatera bagian selatan dengan Samudera Indonesia.

Seperti namanya, pantai panjang memiliki pasir pantai yang halus dan memanjang di sepanjang daratan pusat kota Bengkulu. Ciri khas dari Pantai Panjang adalah pasir yang berwarna putih halus, dan di bagian daratan ditumbuhi populasi pohon cemara.

Objek Wisata Popular Bengkulu


Di Pantai panjang terdapat beberapa spot paling favorit diantaranya spot center, taman bakau, pantai pasir putih. Ada plang merek raksasa yang dapat Anda jadikan backround berfoto kekinian, arena bersepeda maupun jogging track.

Pada hari libur weekend maupun libur panjang di pantai panjang banyak terdapat para penjual makanan dan minuman maupun barang-barang kreatifitas anak anak negeri dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk menjangkau lokasi cukup mudah Anda bisa memesan transportasi online seperti grab, maupun angkot jurusan pantai panjang atau penurunan.

Benteng Marlborough

Objek Wisata Popular Bengkulu




Objek wisata favorit berikutnya adalah Benteng Marlborough. Letaknya tak jauh dari Pantai Panjang. Benteng peninggalan Inggris ini masih berdiri kokoh dan menjadi tempat tujuan wisata di kota Bengkulu.

Ada plang merk yang cantik dan kekinian yang bisa menjadi latar berfoto. Dari atas Benteng Anda dapat melihat keindahan Pantai Zakat yang dahulunya sebagai  pelabuhan dan sentra ekonomi masyarakat Bengkulu. Namun saat ini pelabuhan teraebut sudah tidak lagi digunakan sebagai bongkar angkut barang karena sudah ada pelabuhan baru di Pulau Baii.

Di sekitar Benteng Marlborough ada pusat pertokoan yang sudah berdiri sejak berdirinya provinsi Bengkulu. Di pusat pertokoan yang dikenal dengan Pasar Barukoto ini dahulunya adalah pasar pertama orang Bengkulu, sebagai pusat perekonomian dan pusat pemerintahan serta pusat pendidikan.

Namun seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk serta wilayah perumahan juga semakin luas maka pusat kota beralih ke Jalan Suprapto. Apalagi di tahun 2000-an berdiri Mall pertama yang menjadi kebanggaan masyarakat Bengkulu.

Pantai Zakat

Saat sore menjelang tempat yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat Bengkulu adalah Pantai Zakat. Disini pengunjung dapat mandi di pantai dengan ombak yang bersahabat. Ada beberapa penyewaan ban dan pelampung untuk mandi atau sekedar duduk duduk sambil menikmati air kelapa muda.

Anda juga dapat menikmati kuliner nikmat murah meriah seperti sate ceker, sate kerang, udang dan kepiting di beberapa warung tenda di pinggir pantai.

Green wisata Kebun Teh Kabawetan



Selain Pantai di Bengkulu Anda dapat menjumpai wisata petik daun teh. Tepatnya di desa Kabawetan kabupaten Kepahiang.

untuk menjangkau lokasi Anda dapat menempuh jarak 2 jam perjalanan Kota Bengkulu - Kepahiang melalui kendaraan darat. Ada banyak transportasi umum yang siap mengantar Anda ke lokasi wisata diantaranya travel, taksi online.

Kabawetan menawarkan keindahan alam perkebunan teh dengan udara yang sangat sejuk. Pucuk-pucuk daun teh tiap hari akan dipetik oleh para petani pemetik daun teh.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam kebun teh Kabawetan dan mengabadikan nya, luasnya areal perkebunan teh seakan akan kita berada di bukit seperti kartun teletubis. Indah sekali.

Bukit Kaba

Apabila Anda suka dengan tantangan, objek wisata ini tempatnya. Pengunjung dapat menikmati pendakian Bukit Kaba  dengan kawah yang menakjubkan. Bukit Kaba adalah salah satu gunung api aktif yang menyimpan banyak tantangan. Spot pendakian yang sangat diminati oleh pengunjung untuk tempat berkemah dan menjelajah alam.

Suban Air Panas

suban air panas


Tak jauh dari Bukit Kaba ada areal pemandian air panas yang dikenal dengan Suban Air Panas. Tempat wisata ini menawarkan pemandian air panas dan air dingin. Bila Anda berkunjung saat muaim libur panjang dan libur lebaran maka Suban Iar Panas akan sangat ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota Bengkulu.

Untuk menuju lokasi Anda dapat menempuh jarak 3 -4 jam perjalanan dengan kendaraan darat dari Kota Bengkulu.

Wisata Petik Jeruk Gerga






Masih di Kabupaten Rejang Lebong Anda dapat berwisata petik Jeruk Gerga yang menawarkan keindahan kebun jeruk maupun berbagi pengalaman petik jeruk Gerga.

Jeruk Gerga adalah salah satu jeruk Andalan di provinsi Bengkulu, cita rasa khas dari jeruk Gerga membuatnya disukai oleh banyak orang. Awalnya jeruk Gerga menjuarai kontes jeruk di istana negara dan menjadi salah satu buah yang paling dicari di istana.

Sejak saat itu banyak petani mulai melirik tanaman jeruk Gerga sebagai komoditas pertanian yang menjanjikan.

Di sini Anda dapat sepuasnya mencicipi Jeruk Gerga dan membawa pulang hasil petik. Lokasi ini kemudian menjadi tujuan wisata karena unik dan sekaligus sarana pembelajaran bagi pengunjung.

Taman Bermain Alam Wahana Surya



Wahana Surya merupakan salah satu tempat wisata bermain yang ada di Kota Bengkulu. Lokasinya berjarak sekitar 3 kilometer dari Kota Bengkulu menuju ke arah Bengkulu Utara tepatnya di desa Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. 

Wisata ini menawarkan berbagai permainan seperti flying fog, berenang, berkuda, dan berbagai permainan lainnya. 



Bagi family yang membawa serta anak anak tempat ini sangat cocok ubtuk berekreasi, area parkir yang luas serta tiket yang cukup terjangkau.

Nah, ini adalah ulasan tentang wisata terpopuler di Bengkulu yang dapat Anda kunjungi di hari libur bersama keluarga.


Wisata Mangrove


Wisata Mangrove terletak di Kampung Nellayan Kecamatan Kampung Melayu tidak jauh dari Pelabuhan Pulau Baii Bengkulu. Untuk menuju lokasi Anda bisa menggunakan kendaraan umum  dari pusat kota Bengkulu menuju Pelabuhan Pulau Baii Kira-kira berjarak 10 km. 

Taman Wisata Mangrove menawarkan keindahan Pantai Mangrove dengan hutan mangrove mengelilingi sungai. Anda dapat menyewa perahu berkeliling di hutan mangrove dan berwisata alam hutan mangrove bersama keluarga. 


Taman Berkas


Taman Berkas terletak di kelurahan Berkas Kota Bengkulu. Tepat di pinggir pantai Berkas. Di sini terdapat berbagai fasilitas yagn dibangun untuk tempat bermain anak, sarana olahrag skateboard. Bial sore hari tempat wisata Taman Berkas ramai dikunjungi warga kota Bengkulu untuk menikmati alam pantai dan taman bermain. 


Danau Mas Hitam Harun Bastari


Danau Mas Hitam Harun Bastari berada di Rejang Lebong Curup Bengkulu. Jarang ke lokasi dari kota Bengkulu sekitar 80 km. Fasilitas yang ada di Danau Mas Hitam Harus Bastari antara lain Pemandangan Danau yang indah, Tempat beristirahat dan bersanati bersama keluarga serta perahu yang dapat Anda sewa berkeliling di danau Mas Hitam Harun Bastari.


Nah ini adalah temapt-tempat wisata yang bisa Anda datangi di Bengkulu. Banyak sekali wisatawan baik dari warga kota Bengkulu maupun dari luar Bengkulu yang mengunjungi wisata ini. Happy holiday

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata Popular di Bengkulu"

Post a Comment

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..