Pusat Oleh-oleh Khas Kepahiang Bengkulu yang paling Populer

Pusat Oleh-oleh Khas Kepahiang Bengkulu yang Paling Populer ~

Halooo pembaca setia Jalan Hamidah, sudah selesai belum liburannya nih? Kali ini kita akan kembali jalan-jalan menyusuri keindahan negeri tercinta tepatnya berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang. Syukur-syukur bisa dibagi-bagi ke tetangga supaya mereka juga bisa mencicipi makanan khas dari daerah yang kita kunjungi. Nah, kita akan berkunjung di Pusat Oleh-oleh Khas Kepahiang Bengkulu yang paling populer nih

Pusat Oleh-Oleh Tebat Monok

Pusat Oleh-oleh Tebat Monok banyak menjual oleh-oleh yang berasal dari hasil bumi masyarakat sekitar. Diantaranya buah-buahan, sayuran, umbi-umbian yang diolah dalam bentuk keripik, manisan, maupun kue tradisional dan modern.

Pusat Oleh-Oleh Pasar Kepahiang

Pusat Oleh-oleh pasar Kepahiang banyak menyediakan aneka buah-buahan dan sayuran segar, olahan makanan yang berasal dari hasil bumi seperti pisang, jagung, umbi-umbian.

Pusat Oleh-oleh Peralatan Pertukangan

Pusat Oleh-oleh Peraltan pertukangan di Kepahiang menjual aneka peralatan pertukangan seperti pisau, parang, badik, palu, pahat dan sebagainya yang berasal dari bahan baku besi dan logam. 

Pusat Oleh-oleh tanaman bunga dan tanaman buah 

Pusat oleh-oleh tanaman bunga dan buah berada di pusat kota Kepahiang yang menjual berbagai tanaman bunga dan bibit buah-buahan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

 
Pusat Oleh-oleh khas Kepahiang terletak di lokasi yang sangat strategis loh. Tepatnya di Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang, persis di pinggir jalan lintas Bengkulu-Curup sehingga sangat mudah ditemui. Buat kamu yang belum tahu daerah Kepahiang itu memang memiliki tofografi yang sangat mendukung untuk pertanian. Daerah ini berada di kaki pegunungan yang membatasi Bengkulu dan Provinsi lain seperti Sumatera Selatan, Jambi dan Sumatera Barat. Jadi jika kamu dari luar kota mau ke Bengkulu lewat  jalan tengah maka pasti akan melewati Kabupaten Kepahiang ini. 

Karena Kepahiang merupakan daerah yang subur dan dingin maka hasil bumi yang ada didaerah ini sangat melimpah terutama pertanian dan tanaman holtikultura seperti jagung, pisang, kacang-kacangan, umbi-umbian buah-buahan seperti pepaya, jeruk, alpukat hingga salak. Begitu juga sayur mayur yang sangat melimpah hingga merupakan pemasok sayur mayur untuk daerah kota Bengkulu dan sekitarnya. 

Oleh-oleh Khas Kepahiang Bengkulu yang Populer

Keripik pisang

keripik pisang kepahiang
keripik pisang gurih yang telah dikemas 


Pisang adalah salah satu hasil bumi unggulan di Kepahiang. Banyak olahan pisang yang dapat Anda temukan di sini seperti keripik pisang, pisang sale, cake pisang dll. Keripik pisang dapat dinikmati dalam berbagai rasa seperti rasa coklat, pedas, manis dan gurih. Bahkan keripik pisang dari beberapa industri rumahan sering dikirim ke luar kota seperti Kota Bengkulu, lampung hingga Jawa untuk dijual kembali. 

keripik pisang kepahiang
proses pengemasan keripik pisang rasa coklat


Bagi pengunjung yang mampir ke pusat oleh-oleh Kepahiang jangan lupa membawa pulang keripik pisang aneka rasa. Kamu bisa membeli per kilogram atau per kemasan tergantung selera masing-masing. Saran saya jika tidak mau repot mengemas sebaiknya membeli yang sudah dikemas dengan berbagai ukuran lebih baik jika untuk dibagi-bagi ke tetangga namun bial untuk dikonsumsi sendiri sebaiknya beli yang per kilogram hitung-hitung hemat sampah plastik bukan? Harga kerupik pisang bervariasi tergantung ukurannya, mulai dari 10.000 rupiah. 



Dodol Pepaya

dodol pepaya khas kepahiang bengkulu
dodol pepaya yang akan dikemas dan siap di jual

Oleh-oleh khas Kepahiang lainnya adalah dodol Pepaya. Unik sekali nih saya baru mencicipi dodol pepaya saat berkunjung ke Kepahiang loh, rasanya sangat unik dan legit. Dodol dikemas dengan kemasan yang sangat cantik sehingga sangat praktis dibawa untuk buah tangan. Dodol pepaya dikemas dalam kotak dan bisa dijadikan parcel buat orang-orang terdekat. Harga yang dibandrol oleh para penjual sangat terjangkau untuk kemasan kecil isi 20 biji Rp 15.000 dankemasan sedang rp 25.000. 

Keripik Ubi

keripik ubi khas kepahiang bengkulu
keripik ubi yang siap di jual

Keripik ubi terbuat dari ubi jalar beraneka warna ada yang ungu, putih, merah dan kuning. Keripik Ubi diberi beraneka rasa seperti gurih, manis, original dan bahkan ada rasa pedas. Kita bisa memilih beraneka ukuran keripik untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh. Harga yang dibandrol kisaran 10.000 s/d 25.000 per kemasan tergantung ukurannya. 

Pisang salai

oleh-oleh khas Kepahiang bengkulu
pengunjung dapat memilih beberapa jenis oleh-oleh yang disuka ada keripik ubi ungu, marning, keripik bayam


Salah satu oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan adalah pisang salai. Olahan yang terbuat dari pisang yang telah matang ini sangat favorit dan selalu dicari oleh pengunjung. Pisang Salai diolah dari pisang matang lalu di iris memanjang dan di jemur hingga kering, setelah mengering pisang lalu di goreng dengan balutan tepung untuk memperoleh rasa yang gurih namun tetap manis. Harga yang ditawarkan untuk satu kemasan pisang salai adalah mulai dari 15.000 rupiah per kemasan.


pisang kepahiang bengkulu
pisang matang yang siap dibuat menjadi pisang salai

Marning
oleh-oleh khas kepahiang
marning yang terbuat dari 100% Jagung asli

Marning adalah salah satu olahan jagung yang murah meriah. Marning banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional namun sekarang banyak juga terdapat di pusat oleh-oleh di sepanjang jalan desa Tebat Monok Kepahiang. Marning disukai karena cita rasa yang gurih dan garing. Bagi penyuka makanan yang gurih, cita rasa marning memang sangat pas di lidah. Marning biasa di jual dalam ukuran per kilogram atau per cupak. Cupak itu adalah ukuran jumlah yang biasa digunakan untuk membeli beras. Nah, karena bentuk marning yang kecil-kecil maka digunakan cupak untuk menentukan satuan jumlah dalam membeli marning. Nah, Jangan lupa memborong marning ya kalau ke Kepahiang.


Kare-kare

Selain berbagai keripik olahan ubi juga dijual dalam bentuk lain seperti kare-kare. Di pusat Oleh-oleh khas Kepahiang desa Tebat Monok kare-kare menjadi salah satu olahan favorit yang selalu diburu oleh pembeli. Cita rasa manis gurih renyah menjadi salah satu daya tarik panganan ini. Apalagi bentuknya yang unik menyerupai bola sangat cantik dikemas di dalam plastik bening. 

Buah pisang dan pepaya segar

pisang kepahiang
pisang segar yang siap diolah menjadi keripik pisang berbagai rasa


Salah satu daya tarik pengunjung pusat oleh-oleh Kepahiang di desa ini adalah pisang dan pepaya segar yang digantung di pinggir jalan, sungguh unik sisir-sisir pisang yang rapi dipajang rapi dan terlihat kian kontras dengan pepohonan kehijauan di tepi perbukitan alam desa Tebat Monok. Apalagi setiap rumah memajangnya di pondok-pondok depan rumah mereka. Jadi sepanjang perjalanan menuju kaki bukit pemandangan khas ini akan menjadi daya tarik bagi para pengunjung. 

Rasa manis dan segar dari pisang dan pepaya yang telah ranum akan selalu menjadi daya tarik bagi para pengunjung apabila sudah mencicipi hasil bumi Kepahiang ini apalagi ukuran buah yang cukup besar sehingga dalam satu kali Anda mencicipi pasti akan terkesan dengan rasa manis nya. 

Alpukat

oleh-oleh khas kepahiang
sepanjang jalan Desa Tebat monok Kepahiang adalah toko oleh-oleh

Buah alpukat atau jambu mentega adalah salah satu hasil bumi yang sangat popular di Kepahiang. Biasanya para pengepul buah akan memanen Alpukat yang telah tua unutk dibawa ke Kota Bengkulu dan sekitarnya, bahkan banyak juga yang sampai di kirim ke pulau jawa. Alpukat di kepahiang memiliki rasa yang legit dan tidak banyakmengandung air sehingga pekat dan sangat manis. Pengunjung dapat membeli buah Alpukat baik yang sudah matang maupun yang masih mentah namun tak perlu khawatir meskipun masih mentah bisa di diamkan semalam buah alpukat tetap enak dan manis. 

pusat oleh-oleh khas kepahiang
alam perbukitan yang menjadikan daerah ini sangat subur 


Alpukat Kepahiang memiliki dua varietas ada yang berwarna ungu kehitaman dan berwarna hijau. Keduanya sama-sama memiliki rasa yang enak apabila disantap dalam keadaan matang sempurna. Nah, jika kamu berkunjung ke Kepahiang jangan lupa membeli oleh-oleh khas Kepahiang ini ya.

Bunga

Satu lagi oleh-oleh khas Kepahiang yang tidak boleh dilupakan adalah bunga. Berbagai macam bunga yang indah dapat Anda temui di pusat Oleh-oleh Kepahiang. Bunga-bunga seperti mawar, anggrek, anthurium, dan tumbuhan pakis-pakisan menjadi primadona di sini. Petani mengembangbiakkan bunga dan menjualnya di pinggir jalan. Tak heran bagi penggemar bunga akan sulit memalingkan mata jika lewat desa ini tanpa mampir untuk melihat dari dekat bunga-bunga cantik tersebut. Anugerah alam yang subur agaknya menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Kepahiang. 

Sayuran 

buah naga kepahiang
buah naga yang tak sulit dijumpai di pekarangan rumah warga Kepahiang

Nah, belum ke Kepahiang rasanya jika belum membawa sayur-mayur. Kepahiang terkenal dengan petani sayuran. Daerah dingin dengan anugerah tanah yang subur menjadikan Kepahiang adalah syurga bagi para petani sayuran. Di sini Anda dapat menjumpai berbagai jenis sayuran seperti kol, kembang kol, wortel, buncis, labu siam, sawi, seledri, bawang-bawangan, dll. Sayuran segar mudah sekali ditemui di pasar-pasar atau di kebun-kebun pinggir jalan di Kepahiang, tak heran jika harga sayur mayur sangat murah dan biasanya akan menjadi salah satu perburuan bagi pengunjung ibu-ibu. 

Nah, inilah oleh-oleh Khas Kepahiang yang wajib Anda bawa pulang dan berbagi dengan keluarga maupun tetangga di rumah. Semoga bermanfaat!




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pusat Oleh-oleh Khas Kepahiang Bengkulu yang paling Populer"

Post a Comment

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..