Liburan sambil Belajar? Ruangguru Punya Solusinya

[liburan]



Yeaay, liburan tiba. Agenda liburan sudah di depan mata. Pesan tiket pesawat, hotel, booking tempat wisata tujuan sudah di dalam itinerary, telah matang sempurna. 

Fix! liburan kali ini semua anggota keluarga harus ikut serta. Anak-anak senengnya luar biasa. Bersorak kegirangan menyambut agenda liburan akhir tahun. 

Tapi eh tapi. Anak-anak sudah berbahagia eh emaknya yang galau nih.

Hmm, jadi begini ceritanya, 

Si Kakak, anak sulungku sekarang saat ini duduk di  kelas 6 bersiap menghadapi ujian akhir Nasional (UNAS), jadi mestinya Kakak punya agenda yang tidak main-main ke depannya. Kami sepakat untuk tidak meninggalkan tugas utamanya sebagai pelajar kelas 6 SD yang sebentar lagi bersiap menghadapi UNAS, So apapun kegiatannnya dia harus tetap membaca buku pelajarannya setiap hari. Termasuk ketika sedang berlibur, Kakak tetap harus melaksanakan agendanya.

Iya, harus setiap hari. Karena aku menganut prinsip sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.  Mesti belajar sedikit-sedikit tapi sering. Daripada belajar banyak namun hanya sekali. Apalagi kalau sistemnya SKS (sistem kebut semalam). Hmm pasti deh, asli yang dipelajari akan kabur saat menghadapi soal ujian. 

Nah, meskipun agenda utamanya adalah liburan, namun si Kakak tetap harus mengutamakan belajar di mana saja. Bisa di hotel, di lobi bandara, atau sedang di perjalanan kan bisa sambil belajar. Apalagi sekarang belajarnya cukup dari layar smartphone saja lebih praktis kan?

Bekal Liburan Kakak

Buku Soal

Ini sih karena situasinya kondisional karena kebetulan Kakak sedang dalam persiapan Ujian Akhir Sekolah Dasarnya, jadi kemana-mana mesti membawa buku soal agar dapat belajar dimanapun ketika ada waktu luang. Meskipun liburan loh ya. 

Smartphone

Smartphone adalah salah satu benda andalan saat berlibur. Selain bisa mengabadikan foto-foto liburan juga dapat digunakan untuk browshing-browshing tempat seru saat liburan.

Trus bagaimana caranya belajarnya ketika liburan?

Jadi ceritanya begini, kalau sedang pergi ke suatu tempat liburan, kan suka bengong di hotel sembari nunggu  agenda selanjutnya, maka Kakak bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mengerjakan soal-soal latihan. 

Ini nih, kali ini aku mau cerita tentang teman belajar si Kakak meskipun sedang liburan. Jadi saat ini dia sedang gandrungnya belajar dengan situs belajar les online yaitu Ruangguru. Ruangguru menyediakan layanan Ruangles online yang memungkinkan siswa belajar layaknya belajar tambahan (les). 

Belajar Online di Ruangguru dengan layanan Ruangles Online

Ruangguru adalah perusahaan terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan yang mengelola lebih dari 15.000 guru yang menawarkan jasa lebih dari 100 mata pelajaran. 

Saat ini layanan yang disediakan Ruangguru bermacam-macam yaitu Ruanggurudigitalbootcamp, ruangles, ruangbelajar, ruangles online, dan ruangkelas. Nah, berhubung si Kakak memerlukan bantuan ruangles untuk membantunya menyelesaikan soal-soal latihan persiapan Ujian Nasional. 

Jadi semacam belajar jarak jauh dengan dibimbing oleh guru/tutor yang akan membimbing anak-anak dalam belajarnya. Jadi aku tidak khawatir meskipun agenda kami sedang berlibur namun Kakak masih tetap bisa belajar dengan guru les Online yang disediakan oleh Ruangguru.




Caranya bagaimana?

Cara belajar di Ruangles  yaitu dengan mendownload aplikasi Ruangguru di Smartphone kemudian mendaftar sebagai siswa. 

Buka aplikasi Ruangguru
Apabila belum ada silahkan download di playstore. 
Pilih kelas dan mata pelajaran
foto soal dan pertanyaan yang akan di diskusikan
menunggu terhubung dengan guru yang akan membantu menyelesaikan soal yang diminta
Tanyakan soal dengan chatting dan audio call
Beri rating pada tiap guru yang membantu

Biasanya dalam belajar di Ruangles siswa dipersilahkan untuk mengirim foto/gambar soal-soal yang membutuhkan penjelasan dan bimbingan dari guru-guru les, maka terlebih dahulu perlu menyiapkan gambar soal-soal yang dirasa sulit.

Selanjutnya guru akan membimbing menyelesaikan soal-soal tersebut secara online seperti chatting dengan guru jarak jauh. Bisa juga dengan memiliki audio call. 

Selanjutnya siswa dipersilahkan untuk memberikan rating pada tiap guru yang membantu.



Nah, si Kakak kalau sedang traveling sudah tidak khawatir lagi dengan agenda belajarnya untuk persiapan menjelang Ujian Nasional (Unas).

- Belajar seru Video dan latihan soal, remedial
- Nggak ngerti PR? Chat dengan guru 
- Belajar dengan grup belajar online se Indonesia
- Ikut try out online 

Keuntungan Belajar Les Online  di Ruangguru

1. Bisa dimana saja
2.     Si Kakak bisa belajar sambil traveling 
2. Bisa menanyakan soal-soal yang sulit
3. Layanan yang memuaskan.


Si Kakak senang belajar di Ruangles Online karena menyediakan Guru-guru terbaiknya. Beberapa kriteria guru terbaik ini didasarkan dari beberapa hal sebagai berikut : 

1.   Guru telah melewati rangkaian proses ketat untuk menjamin mutu
2. 93% guru berasal dari universitas ternama seperti UI, ITB, UGM, IPB, dll
3. Guru membuat rencana sesuai dengan kebutuhan anak
4. Guru-guru tersedia di berbagai daerah di Indonesia.




Rencananya juga sih, si Kakak setelah liburan juga mau coba produk terbaru ruangguru yakni ruangbelajar. Di ruangbelajar ini, ada penjelasan dari master teacher yang disertai juga dengan animasi-animasi yang lucu dan menarik. Wah kalau ada penjelasan ditambah animasi, kayaknya si Kakak bakal lebih mudah paham penjelasannya deh.

So liburan jalan terus namun belajar tetap menjadi prioritas utama. Semoga Kakak sukses melewati Ujian Nasional dengan hasil yang memuaskan ya!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Liburan sambil Belajar? Ruangguru Punya Solusinya"

  1. Wah, asik banget ya, jadi nggak sekedar main saja, tapi bisa sembari belajar ya. Terlebih bagi mereka yang di hari liburnya nggak ngapa-ngapain bisa nih gunakan cara ini..

    ReplyDelete

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..