Berkunjung ke Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu

Pagi itu Anak-anak riang gembira berlarian di halaman. Kebetulan halaman yang sangat luas sangat memungkinkan menjadi arena bermain. Taman-taman bunga yang berwarna-warni menjadi pemandangan yang sangat menyegarkan. Beberapa pot bunga bougenvile besar terawat menghasilkan bunga indah menyapa setiap pengunjung. Inilah ceritaku Berkunjung ke Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu.




Rumah pengasingan Bung Karno

Ada jalan yang terbuat dari batako dari gerbang utama menuju teras rumah apik ini. Sepanjang jalan setapak tersebut ditanami bunga bawang-bawangan yang berdaun kecil panjang dan memberi bunga berwarna pink fanta. Rerumputan yang terawat menjadi arena bermain anak-anak menjadi pemandangan yang dominan di halaman. Beberapa pohon palem tertata rapi di pinggir halaman menjadi pagar pembatas halaman dengan tembok. 


Inilah suasana halaman rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu. Kunjungan kami ke Rumah Pengasingan Soekarno kali ini dalam rangka perpisahan Paud Ananda Fajar. Anak-anak diajak berkeliling ke objek wisata bersejarah di Bengkulu. Kegiatan ini bagus sekali untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang sejarah di lingkungan mereka.


Rumah Pengasingan Soekarno


Memasuki rumah Pengasingan Soekarno, pada bagian teras terdapat ruangan yang dipergunakan untuk menerima tamu. Hal menarik yang pertama kali terlihat di bagian ini adalah atap rumah yang dibuat tinggi dan dipasak menggunakan kayu berkualitas bagus. Karena atap yang cukup tinggi maka ruangan menjadi terlihat lebih dingin dan sejuk.

Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu yang masih terawat


Masih di teras depan terdapat kamar yang sering dipergunakan untuk menerima tamu. Saat ini dijadikan ruang kerja. Di ruangan tersebut terdapat benda-benda bersejarah seperti meja kerja, lemari yang berisi buku-buku peninggalan Bung Karno, sepeda ontel, bendera dan mesin jahit yang digunakan oleh Ibu Fatmawati saat menjahit bendera pertama.


Rumah Pengasingan Soekarno


Masuk ke ruangan berikutnya adalah kamar pribadi Bung Karno yang terdapat tempat tidur Bung Karno. Tempat tidur cukup unik karena terbuat dari besi dan memiliki desain antik. Terdapat kelambu yang menyatu dengan tempat tidur. Di ruangan ini juga terdapat lemari pakaian yang berisi beberapa stelan jas dan pakaian yang pernah dipakai oleh Bung Karno saat di pengasingan. 

Di ruangan selanjutnya adalah bagian pelataran belakang yang digunakan oleh Bung Karno untuk bersantai. Suasana di teras belakang tak jauh beda dengan teras depan, Bahkan lebih luas. Dari teras belakang ini bisa dilihat sumur tua dan kamar pembantu serta dapur kotor. 

Hal menarik yang dapat Anda lihat di bagian belakang adalah keberadaan sumur tua yang konon kabarnya dipercaya dapat membuka aura bagi siapa saja yang mencuci muka menggunakan air sumur ini. Sumur tua yang masih dipertahankan keasliannya ini menggunakan derek untuk mengambil airnya. Derek masih sangat tradisional tetap dirawat agar tidak aus dan tetap dapat digunakan oleh pengunjung yang datang. 

Fasilitas Rumah Pengasingan Soekarno

Fasilitas yang ada di rumah pengasingan Soekarno antara lain Ruang utama, kamar tidur, ruang kerja, Sepeda Soekarno, Buku dan lemari peninggalan Soekarno, Tempat tidur yagn digunakan oleh Soekarno, Pakaian resmi, 

Saat ini pihak pengelola Rumah Pengasingan Bung Karno memajang beberapa karya asli Bengkulu yang dapat Anda beli untuk oleh-oleh seperti batik besurek, beraneka macam kerajina dari kulit lantung, dol kecil hingga makanan khas seperti kue tat, kue purut punai, manisan buah dll. Pengrajin makanan, minuman dan juga kerajinan tangan di Bengkulu tidaklah sulit untuk menemukannya di sepanjang jalan kelurahan Anggut Atas ini banyak dibuka toko oleh-oleh khas Bengkulu. Berbagai macam kerajinan khas Bengkulu di jual oleh banyak pengrajin di daerah ini. 

Menuju Lokasi Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu

Untuk menuju lokasi Rumah Pengasingan Bung Karno Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti angkot dengan tujuan Anggut Atas. Jika Anda dari jalan Soeprapto maka Anda dapt melewati simpang lima Ratu Samban putar ke kanan menuju Anggut. Sekitar 100 meter dari simpang Lima Ratu Samban akan ada tulisan Rumah Pengasingan Bung Karno. 


Area Parkir


Rumah Pengasingan Soekarno memiliki tempat parkir yang cukup luas. Hal ini memang di desain agar pengunjung yang datang tidak menganggu lalu lintas jalan raya. Jika hari libur sekolah kunjungan ke Rumah Pengasingan Bung Karno akan semakin meningkat.

Nah, silahkan berkunjung ke rumah Pengasingan Soekarno bersama putra-putri tercinta.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkunjung ke Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu"

Post a Comment

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..