Rendang Lokan Oleh-Oleh dari Muko-muko Bengkulu

Happy traveling



Kali ini kita akan jalan-jalan ke Sumatera bagian selatan tepatnya Provinsi Bengkulu. Ada suatu daerah di Provinsi Bengkulu yang memiliki hasil laut yang lezat apalagi jika diolah dengan benar. Hasil laut ini sejenis tiram ini sangat banyak di perairan Muko-muko. Hal ini didukung oleh tofografi daerah ini yang berbatasan langsung dengan laut luas yakni Samudera Hindia sekaligus beberapa sungai besar, oleh karena itu di daerah ini banyak sekali hidup jenis tiram muara yang dikenal dengan lokan. 


Lokan banyak hidup di perairan air tawar pasang surut yang dikenal dengan muara. Muara-muara yang biasa sebagai tempat hidup lokan sering digunakan pula sebagai tempat jalur transportasi para nelayan-nelayan di sini. 

Jika sedang musim, lokan-lokan akan banyak sekali terdapat di perairan Muko-muko, oleh karena itu lokan akan menjadi salah satu hasil laut andalan bagi para nelayan Muko-muko. Lokan akan dibuat beraneka masakan yang menggugah selera. Seperti Rendang Lokan.

Rendang lokan 

Rendang lokan adalah olahan dari lokan yang dibuat dengan bumbu rendang. Keunikannya adalah rendang lokan memiliki tekstur kenyal dan legit. Rendang lokan bisa untuk oleh-oleh jika dimasak dengan benar dan kering. Hal ini untuk menghindari rendang cepat rusak saat disantap beberapa hari kemudian.

artikel lainnya : Oleh-oleh khas Kepahiang

Rendang lokan paling enak disantap dengan nasi panas. Anda akan berulang ulang menambah porsi jika menyantap rendang lokan dengan nasi panas apalagi ditambah dengan lalapan segar, hehe. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rendang Lokan Oleh-Oleh dari Muko-muko Bengkulu"

Post a Comment

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..