7 Pilihan Kerajinan Khas Indonesia yang Wajib Diketahui oleh Wisatawan

Musim liburan biasanya para wisatawan berburu oleh-oleh khas di negara tersebut. Wisatawan yang melancong ke Indonesia pun pasti akan berburu oleh-oleh untuk dibawa ke daerah asalnya. Beberapa oleh-oleh khas Indoensia yang wajib diketahuioleh wisatawan diantaranya berupa batik,olahan makanan maupun handycraft. Berikut 7 Kerajinan khas Indonesia yang wajib diketahui oleh wisatawan.



Batik

Batik adalah warisan leluhur yang khas di Indonesia. Jika berkunjung ke Indonesia jangan lupa membeli batik sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa. Bebarapa daerah di Indonesia memiliki batik yang khas baik dari motif maupun sejarahnya. Misalnya batik solo memiliki kekhasan dalam motif dan warna yang cenderung kecoklatan dan agak gelap di Sumatera misalnya Bengkulu memiliki batik khas dari sejarah dan motifnya serta warna batik yang cerah. Berbagai macam varian batik dapat Anda pilih. Kain, Baju, handycraft, dll.

Pada situs batikkerisonline Anda dapat memperoleh berbagai jenis batik. Batik yang disediakan di situs ini ada yang berupa fashion, tas, maupun oleh-oleh khas pelosok negeri Indoneisa. 

Keris

Salah satu warisan budaya di Indonesia adalah keris. Keris adalah senjata tradisional yang digunakan oleh raja-raja terdahulu sebagai salah satu pakaian kebesaran. Saat ini keberadaan keris telah dimodifikasi dan dialihkan kebermanfaatannya. Jika dahulu keris digunakan pada upacara adat tradisional maka saat ini keris dapat menjadi handycraft dan buah tangan saat berkunjung ke Indonesia.

Kain Tenun 

Kain tenun merupakan kain tradisional yang banyak dimiliki berbagai daerah di Indonesia. beberapa daerah menjadikan kain tenun sebagai kain adat dan menjadikan sebagai oleh-oleh khas daerah. Beberapa daerah yang memiliki kain tenun khas yakni, Sumatera Utara yang memiliki kain tenun Ulos, Sumatera Selatann memiliki kain tenun Songket Palembang. Kain tenun Nusatenggara dan Papua.

Sepatu Cibaduyut

Sepatu salah satu kerajinan khas Indonesia yang cukup dikenal luas. Sepatu Cibaduyut yang berlokasi di Cibaduyut Bandung ini telah dikenal hingga luar negeri. Sepatu Cibaduyut memasok industri sepatu di Amerika Serikat. Tentu dukungan dari pemerintah serta kualitas sepatu Cibaduyut inilah yang menjadikannya bisa dipercaya oleh wisatawan mancanegara.

Kerajinan Wayang

Wayang adalah kerajinan khas Indonesia. Berasal dari Pulau Jawa Wayang menjadi salah satu warisan budaya yang mendapat tempat di hati masyarakat hingga saat ini. Kerajinan wayang dapat menjadi salah satu pilihan kerajinan Indonesai yang wajib diketahui oleh Wisatawan. Wayang banyak jenisnya ada wayang kulit, wayang golek, wayang orang dan sebagainya.

Anyaman Bambu

Bambu merupakan tanaman yang banyak tumbuh subur di hutan yang hampir di seluruh dataran Indonesia. Bambu dapat menjadi kerajinan berupa anyaman bambu. Di daerah pedesaan, anyaman bambu menjadi perabotan rumah tangga yang digunakan sehari-hari. Saat ini kerajinan anyaman bambu dapat menjadi bagi wisatawan mancanegara.

Kerajinan Ukir Kayu

Kerajinan ukir kayu adalah salah satu kerajinan yang banyak terdapat di Indonesia. Seni ukir kayu banyak diaplikasikan pada perabotan rumah tangga yaitu meubler, kusen dan pintu perumahan. Bagi wisatawan yang melancong ke Indonesia dapat menemukan seni ukir kayu seperti di Jepara.

Inilah 7 Kerajinan Khas Indonesia yang Wajib diketahui oleh Wisatawan ketika berkunjung ke Indoneisia. 

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "7 Pilihan Kerajinan Khas Indonesia yang Wajib Diketahui oleh Wisatawan"

  1. Indonesia emang kaya... Mau dong dibungkusin satu ��

    ReplyDelete
  2. Saya suka bgt sama batiknya, udah gitu tiap daerah coraknya beda2. Indonesia kaya bgt pokoknya..

    ReplyDelete
  3. Batik kayaknya emang sudah mendunia, wayang dan keris juga ....
    punya ciri khas sendiri sebagai Identitas bangsa Indonesia

    ReplyDelete

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..