Gerga Sakral pada Perayaan tabut Bengkulu

Bengkulu memiliki potensi kearifan lokal yang cukup terkenal. Kearifan lokal ini dikenal dengan Perayaan Tabut yang diselenggarakan tiap awal Muharram. Di awal Muharram sejak tanggal 1 sampai tanggal 10 jangan lupa datang ke Bengkulu untuk melihat dari dekat perayaan Tabot. 

Dalam perayaan Tabut ini ada beberapa tempat yang dianggap sakral oleh kaum Sifai yakni warga yang mempercayai perayaan Tabut ini. Kaum Sifai sendiri berasal dari keturunan kaum Gujarat India yang dikirim ke Bengkulu saat pembangunan Benteng Marlborough. Mereka mendiami sebagian daerah di Kelurahan Berkas dan berkeluarga di sana. Sehingga daerah tersebut banyak didiami oleh kaum sifai dan melakukan ritual Tabot. 

Tempat sakral bagi kaum Sifai berbentuk gerga yang merupakan makam imam kaum Sifai. Ada 4 tempat yang merupakan gerga sakral dan selalu di kunjungi saat perayaan Tabut berlangsung. 

Gerga Berkas


gerga sakral pantai berkas




Gerga Berkas terdapat di Kelurahan Berkas tepat di depan Kolam Renang Grage Horizon Bengkulu. Gerga ini di dominasi warna putih lokasinya persis berada di pinggir jalan pariwisata Pantai Panjang Bengkulu. Ukuran Gerga tak lebih dari 2 x 2 meter dengan 2  menara kubah pada bagian atap. 

Untuk menuju lokasi Gerga Berkas Anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi menuju jalan Pariwisata Pantai panjang Bengkulu. Jika Anda dari lokasi Sport Center berjarak sekitar 100 meter ke arah kampung Cina. Lokasi Gerga juga menyatu dengan pagar sehingga bagi masyarakat yang tidak menyadari nya akan mengira bahwa bangunan ini hanya berupa pintu gerbang. 


Gerga sakral di Lokasi kampung Cina 

Berlokasi di depan Benteng marlborough terdapat tempat sakral yaitu Gerga. Gerga ini terlihat seperti bangunan yang tidak terawat, sekelilingnya di pagari kawat dan untuk menghindari dari jamahan pengunjung yang tidak bertanggungjawab.

gerga Sakral



Gerga Sakral tapak Paderi

Gerga Sakral Tapak Paderi adalah salah satu keramat yang sering dikunjungi saat perayaan Tabut khususnya pada perayaan mengambik tanah. Tanah yang diambil akan diambil dan dibuat menyerupai boneka dan disimpan di dalam gerga. 

Bangunan permanen ini terletak di tepi Pantai Tapak paderi dan menjadi tempat sakral yang wajib dikunjungi kaum Sifai saat perayaan Tabut tersebut. Bangunan ini berwarna putih dengan kubah pada bagian atas  bangunan. 

Prosesi Perayaan Tabut akan lengkap dimulai dengan proses mengambil tanah di Gerga Sakral Tapak Paderi. Sang Imam akan memimpin prosesi pengambilan tanah  dengan berbagai ritual sakral yang hanya diikuti oleh para tetua atau imam kaum Sifai. 


gerga sakral tabut Bengkulu
Gerga Tapak Paderi
Gerga adalah  makam sakral yang dipercaya oleh imam Kaum Sifai. Setiap perayaan Tabut Bengkulu Tempat ini sangat ramai dikunjungi warga untuk melihat dari dekat prosesi perayaan Tabut. Oleh pemerintah daerah Kota Bengkulu dijadikan tempat sejarah.

Untuk menuju lokasi Anda dapat menuju ke lokasi Tapak Paderi menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Lokasi tak jauh dari Benteng Marlborough dan Kampung Cina Kota Bengkulu.

Nah,  pada bulan Muharram masyarakat Bengkulu akan berbondong-bondong menuju lokasi perayaan Tabut Bengkulu. Sepanjang 10 hari di Bulan Muharram masyarakat Bengkulu disuguhkan dengan pesta rakyat dan arena hiburan untuk rakyat Bengkulu. Suasana akan sangat ramai baik siang hari terlebih di malam hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerga Sakral pada Perayaan tabut Bengkulu"

Post a Comment

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..