Wisata Pantai di Pulau Enggano yang selalu terkenang

Kapal yang membawa kami dari Pelabuhan Pulau Baii menuju pelabuhan Enggano akhirnya bersandar di dermaga. Sebagian besar penumpang yang merupakan para pedagang dan pengepul kekayaan alam dinPulau kecil ini bergegas turun, beberapa kendaran sepeeti truk, L300, maupun kendaraan angkutan barang juga mulai bergerak meninggalkan pintu kapal, perlahan mobil-mobil angkut itu menuju jalan setapak dermaga dan berhenti sejenak di posko dermaga.


Inilah Wisata Pantai di Pulau Enggano yang selalu terkenang dan akan selalu dirindukan






Inilah rutinitas tiap dua kali dalam seminggu. Memang keramaian di pelabuhan hanya berlangsung saat kapal berangkat dan datang ke pulau Enggano saja. Oleh karena itu aktivitas penduduk terlihat hanya di hari-hari tersebut.

Karena merupakan pulau kecil yang berada di Samudera Indonesia Enggano memiliki kekayaan alam laut yang tidak terbatas. Setiap hari para nelayan akan melaut dan mendapatkan ikan hasil tangkapannya, lalu dijual kepada pengepul. Apabila hasil tangkapan cukup banyak sedangkan pengepul belum datang maka mereka memilih mengeringkan ikan ikan tersebut dan menjualnya dalam bentuk ikan asin.

Wajar jika ikan asin yang berasal dari Enggano adalah ikan pilihan dengan ukuran yang besar besar. Masyarakat di luar Enggano bahkan di luar provinsi banyak yang mencari ikan asin dari Enggano karena daging nya yang tebal dan lebih padat.



Ikan asin Enggano banyak di jual di luar terutama di kota Bengkulu hingga ke pulau Jawa.

Karena Enggano sebuah pulau maka wisata pantai adalah wisata andalan di sini. Pantai di Enggano sangat indah dengan pemandangan menawan. Di sini pengunjung dapat menikmati panorama alam bawah laut yang indah, serta pasir putih yang halus.

Pasir putih di sini bersih minim polusi, satu-satunya yang mengotori pantai biasanya ranting pepohonan yang jatuh atau kelapa yang telah tua jatuh ke pantai, saat air pasang dedaunan dan buah kelapa tersebut akan terbawa ke tengah laut, lalu kembali lagi ke daratan ketika pagi harinya.

Pengunjung juga dapat menikmati pulau-pulau kecil di sekitar pulau Enggano baik yang ditunggu oleh penduduk maupun yang tak berpenghuni. Ada perahu nelayan yang dapat disewa untuk berkeliling.

Akses lokasi

Pulau Enggano terletak di Kecamatan Enggano kabupaten Bengkulu Utara. Meskipun terletak di kabupaten Bengkulu Utara namun yang paling dekat untuk menjangkau lokasi adalah dari Pelabuhan Pulau Baii Kota Bengkulu. Ada Feri Raja Enggano yang dapat membawa Anda menuju pulau Enggano dengan jadwal keberangkatan 2 kali dalam seminggu. Perjalanan menuju Pulau Enggano dapat ditempuh kurang lebih 12 jam. Cukup lama juga, namun tak perlu khawatir karena di Feri Anda disediakan fasilitas untuk beristirahat atau berjalan ke atas dek kapal menikmati pemandangan laut Samudera Indonesia. 

Akses Jalan 

Akses Jalan yang menghubungkan antar desa di pulau Enggano sudah banyak yang telah diperbaiki. Pihak Pemda Provinsi Bengkulu sudah menggelontorkan dana anggaran untuk perbaikan sarana jalan umum yang ada di beberapa desa. Sehingga untuk kelancaran angkutan hasil bumi di Pulau Enggano menuju ke luar Enggano tidak lagi terhalang oleh akses jalan yang rusak. 

Begitu juga jalan menuju ke beberapa titik menuju perkebunan warga sudah terlihat adanya pengerasan dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Hasil Bumi

Selain ikan, hasil bumi di Pulau Enggano adalah pisang, melinjo, dan tanaman holtikultura lainnya. Khususnya pisang Enggano yang saat ini merupakan komoditas hasil bumi yang terbesar dan dibutuhkan oleh banyak usaha kecil dan pedagang yang ada di kota Bengkulu dan sekitarnya. Setiap minggu tak kurang dari 4 truk dan mobil angkutan yang mengangkut hasil bumi ke luar Enggano, ini merupakan bukti bahwa Enggano adalah penghasil pisang yang terus konsisten memasok untuk kebutuhan banyak orang di luar Enggano. 

Kelapa

Kelapa adalah salah satu tanaman yang mudah dijumpai di Enggano. hampir sebagian besar daerah pesisir pantai di Enggano di tumbuhi pohon kelapa, baik karena sengaja di tanam maupun kelapa yang tumbuh dari hasil persebaran buah kelapa yang terbawa oleh ombak hingga ke daratan. Kelapa Enggano banyak di jadikan kopra atau dibawa langsung ke luar Enggano untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kota Bengkulu.

Wisata Pantai yang Indah Alami


Sebagian besar Pantai di Pulau Enggano belum tersentuh tangan-tangan jahil, namun demikian karena siklus alam seperti gelombang laut yang membawa berbagai ranting pohon, buah kelapa hingga dedaunan sehingga pantai terlihat kotor dan dipenuhi sampah yang berasal dari ranting pohon. 

Di beberapa titik ada beberapa pengusaha yang mulai membangun pantai enggano menjadi tempat yang bagus untuk dikunjungi, bahkan ada beberapa villa yang sudah bisa di sewakan untuk pengunjung yang akan berlibur di Pulau enggano.

Untuk wisata air, pengunjung dapat menyewa perahu kecil berkeliling di sekitar pulau dengan biaya yang terjangkau. Rp 25.000 untuk satu perahu. Apabila anda punya nyali untuk berwisata bawah air Anda juga bisa snorkeling dan diving di sekitar pulau Enggano dengan pemandangan karang alami yang memukau.

Pantai Ba'blau

Pantai Ba'blau adalah salah satu wisata pantai yang sangat indah, airnya memiliki gradasi warna biru, hijau dan bening. Pantai Ba'blau seperti menyatu dengan sungai sehingga menyerupai lubuk. Jika ke lokasi pantai jangan lupa membawa pancing karena di sini terdapat banyak ikannya. Ikan-ikan yang sangat lezat dan hanya ada di pulau Enggano.

Keunikan lainnya pantai Ba'blau adalah ikan-ikan yang bisa terlihat dari permukaan air, sehingga bisa ditangkap dengan tombak atau tangan. 

Wisata Mancing

Apabila Anda hobi mancing, ikan di Enggano sangat terkenal hingga ke mancanegara. Anda bisa mencoba mancing di beberapa titik yang banyak ikannya. Salah satunya adalah Pantai humo dengan pemandangan pasir putih yang memukau. 

Wisata Buru Nunu'ua

Apabila Anda penyuka burung di Pulau Enggano ada spesies langka yaitu Burung Kacamata dan Burung Celepuk. Penduduk di sini menyukai wisata berburu burung dengan peralatan tradisional tanpa harus memusnahkan populasi burung langka tersebut. 

Ikan Enggano

Ikan Enggano sudah terkenal di nusantara karena kelezatan dagingnya. hasil tangkapan para nelayan di Pulau enggano antara lain ikan kerapu, ikan belanak adalah ikan favorit yang banyak di cari oleh masyarakat di luar Enggano. Oleh karena itu Ikan Enggano sangat laku di pasaran dan paling banyak diminati. 

Emping Melinjo Enggano

Salah satu komoditas yang sangat dicari selain Ikan dan pisang Enggano yakni Emping melinjo. Di Enggano banyak terdapat pohon melinjo dan menjadi komoditas andalan di sini. Masyarakat Enggano mengolah melinjo menjadi emping. Kelebihan Emping melinjo Enggano adalah rasanya yang gurih dan bentuknya yang sangat tipis sehingga dijamin tidak akan keras jika di goreng.


Karena sumber daya alam pantai Enggano yang kian memukau wajar jika daerah ini disebut sebagai syurga yang tersembunyi. Inilah Wisata Pantai di Pulau Enggano yang selalu di kenang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Pantai di Pulau Enggano yang selalu terkenang"

Post a Comment

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..